Tulisan Nusantara

www.Tulisannusantara.blogspot.com
Blogger by : rendyadittt.
About Me
Hallo? Blogger ini kami tulis untuk pengetahuan umum masyarakat Indonesia dan untuk memenuhi persyaratan tugas Softskill di perkuliahan kami. .

Thursday, September 29, 2016


APA ITU ILMU SOSIAL ??? Terkadang kita sering mendengar kata sosial di Negeri Kita, tetapi tidak sedikit Orang pun yang tidak terlalu memahami Arti kata dasar Sosial. Seperti yang kita ketahui saat kita masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) sampai kita melompat ke tingkat yang lebih tinggi yaitu Sekolah Mengah Atas (SMA) sampai kita menduduki bangku perguruan tinggi kata Sosial itu pun masih tetap terdengar di telinga kita.
Sebenarnya apa itu ilmu sosial ???



Ilmu Sosial adalah sekelompok disiplin akadmis yang mempelajari, Aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia, dan lingkungan Sosial nya. Ilmu ini berbeda dengan Seni, dan Humaniora karena penggunaan ilmu metode ilmiah dalam mempelajari Manusia, termasuk metoda kuantitatif, dan kualitatif istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi prilaku, dan interaksi Manusia pada masa kini, dan masalalu. berbeda dengan Ilmu sosial secara umum. IPS ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas kepada masyarakat.


PERBEDAAN.

Lalu apa berbedaan antara Ilmu Sosial Dasar ( ISD ), dan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) ???
Secara umum IPS, dan ISD mempunya arti kata yang berbeda namun memiliki arti kata Sosial yang sama dalam 3 kata tersebut. arti kata Sosial tersebut bisa kita artikan sama dalam 2 kategori tersebut. Lalu apa perbedaannya?


- Ilmu Sosial Dasar ( ISD )

Ilmu Sosial Dasar ( ISD ) di ( INDONESIA ) adalah sesuatu program Study /pembelajaran baru yang biasa nya dikembangkan oleh Perguruan Tinggi/ Perkuliahan. tentu saja berbeda dengan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) yang telah di kembangkan sejak lama. Ilmu Sosial Dasar ini sejalandengan relisasi perkembangan ide dan pembaruan system pendidikan yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu-ilmu Sosial Dasar (ISD) ini dipergunakan dalam pendekatan sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.


menuju spesialisasi keahlian telah berlangsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu sosial dasar (ISD) tidak terdapat perbedaan yang prinsipil sepanjang menyangkut konsep dasar atau pengetahuan dasar ilmu-ilmu sosial. Perbedaan itu terjadi pada pendekatan bidang studinya saja. Ilmu-ilmu sosial dasar bersumber pada konsep dasr ilmu-ilmu sosial yang terintegrasi. ISD dipergunakan mencari pemecahan masalah kemasyarakat melalui pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner ilmu-ilmu sosial. Di pihak lain, pengantar-pengantar ilmu-ilmu sosial disajikan secara teoritis, yang menyangkut ruang lingkup, metode dan sistematisasinya.


Latar belakang Ilmu Sosial Dasar (ISD) dimulai sejak terjadinya kritik-kritik yang ditunjukkan pada system pendidikan di perguruan tinggi oleh sejumlah cendikiawan, terutama sarjana pendidikan sosial dan kebudayaan. Mereka menganggap system pendidikan yang tengah berlangsung saat itu berbau colonial. Selain itu, masih merupakan warisan pendidiakn pemerintah Belanda, yaitu kelanjutan dari politik balas budi yang dianjurkan oleh Conrad Theodore Van Deventer, untuk menghasilkan tenaga terampil tukang-tukang yang mengisi birokrasi mereka dibidang adminstrasi, pedagang, tehnik dan keahlian lain mengeksploitasi kekayaan Negara. Padahal tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga jenis kemampuan yang meliputi personal, akademik dan professional.


Tujuan

1.  Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan maslah-masalah sosial  yang          ada di dalam masyarakat.
2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha                          menanggulanginya.
3.  Menyadari setiap masalh sosial yang timbul dala masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya        mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
4.  Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi       dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.



CONTOH MASALAH SOSIAL DALAM ILMU SOSIAL DASAR YANG SERING TERJADI DI INDONESIA

Rangkuman :
Dalam kata masalah itu sendiri memiliki suatu definisi yaitu suatu soal yang harus diselesaikan,dalam masalah sosial  diartikan bahwa masalah sosial yang terjadi di masyarakat dapat berdampak ke sebagian mayarkat dan di situasi dan kondisi seperti itu dapat diatasi dengan kebersamaan

  - Kemiskinan

Kemiskinan adalah dimana ketidak mampuan dalam mencapai sesuatu yg diharapkan.dalam kemiskinan itu sendiri mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi sperti; tingkat pendidikan dan pekerjan yang semakin sedikit, dalam pekerjaan itu sendiri  sekarang mempunyai standar untuk diterima sebagai karyawan  dan adanya kontrak pegawai.

  - Pendidikan

Di Indonesia dengan pendidikan yang kurang merata banyak sekali anak yang berhenti sekolah bahkan ada yg belum pernah mengenyam pendidikan, sedangkan pendidikan sangat berarti bagi kelanjutan hidup. Pemerintah memberikan anggaran dana untuk sekolah namun dalam beberapa fakta masih banyak anak yg beum bisa mengenyam pendidikan

  - Kejahatan

Indonesia dalam presenatse kejahatan cukup tinggi  apalai di kota-kota besar, kejahatan ini biasanya bermotifkan ekonomi, kejahatan itu sendiri memiliki pelaku yang dari orang yg tidak terpelajar dan terpelajar.

  - Penganguran

Pengangguran adalah  ketidak mampuan bersaing dalam dunia kerja, dan ini menjadi masalah serius untuk di beberapa negara berkembang. Biasanya penganguran bertambah tapi tempat kerja tetap bahkan berkurang, dan penduduk yang dari desa memadati ibu kota berharap mendapat kerja yang layak.

  - Keadilan

Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Menurut sebagian besar teori, keadilan memiliki tingkat kepentingan yang besar. John Rawls, filsuf Amerika Serikat yang dianggap salah satu filsuf politik terkemuka abad ke-20, menyatakan bahwa “Keadilan adalah kelebihan (virtue) pertama dari institusi sosial, sebagaimana halnya kebenaran pada sistem pemikiran” . Tapi, menurut kebanyakan teori juga, keadilan belum lagi tercapai: “Kita tidak hidup di dunia yang adil”. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan harus dilawan dan dihukum, dan banyak gerakan sosial dan politis di seluruh dunia yang berjuang menegakkan keadilan.


3 Rangkungan Golongan Bahan Pembelajaran ISD

1.  Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.

.2. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.

3. Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara yang satu dengan yang lainnya berbeda. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari/menelaah tentang masalah-masalah sosial di dalam sebuah masyarakat yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah manusia . Maka dari itu pelajaran ilmu sosial dasar diberikan kepada mahasiswa sebagai suatu bahan program studi atau mata kuliah umum. Mata kuliah umum sosial dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya.


 - Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )


Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu program Study/ Program Pembelajaran lama yang dikembangkan pada Tahun tahun 1972 pertama kali muncul dalam Seminar Nasional tentang Civic Education di Tawangmangu solo tepat nya di Jawa Tengah. Dalam Semeniar tersebut muncul 3 istilah, dan digunakan secara tukar pakai yaitu : Pengetahuan Sosial, Study Sosial, dan Ilmu pengetahuan Sosial.



Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan  masyarakat. di Indonesia pelajaran ilmu pengetauan sosial disesuaikan dengan berbagai prespektif  sosial yang berkembang di masyarakat. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. Dengan demikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia. Untuk lebih memahami pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial.



0 comments:

Post a Comment