Tulisan Nusantara

www.Tulisannusantara.blogspot.com
Blogger by : rendyadittt.
About Me
Hallo? Blogger ini kami tulis untuk pengetahuan umum masyarakat Indonesia dan untuk memenuhi persyaratan tugas Softskill di perkuliahan kami. .

Wednesday, April 12, 2017


Manusia, pengertian manusia sangatlah luas. Kata manusia berasal dari Bahasa sansekerta yaitu manu, atau mens/homo dari Bahasa latin yang berarti berpikir, berakal budi.
Berdasarkan segi pendefinisian manusia dapat diartikan berbeda-beda, tapi yang seperti kita ketahui manusia adalah makhluk sosial, yaitu saling bergantung dan tidak dapat dipisahkan antara satu dan yang lainnya.
       
Berdasarkan para tokoh manusia dapat diartikan sebagai berikut:

1. Sokrates, manusia adalah makhluk hidup berkaki dua, yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar.
2. Nicolaus D. dan A. Sudiarja, manusia adalah bhineka tetapi tunggal. Bhineka adalah karena jasmani dan rohani, sedangkan tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.
3. Paula J. C. dan Janet W. K. , manusia adalah makhluk terbuka, bebas memilih makna dalam suatu situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu, serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan.

Hakikat manusia, adalah peran atau fungsi yang harus dilakukan oleh setiapmanusia. Manusia juga disebut sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna. Hakikat manusia yaitu:
Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas perbuatan yang intelektual.
Individu yang mengarahkan diri kea rah yang positif, dapat mengontrol diri, dan menentukan nasibnya sendiri.
Individu yang dalam hidupnya mengusahakan dirinya untuk mewujudkan diri sendiri, membantu orang lain, dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.


Pengertian Budaya , Unsur, Dan Wujud.

Kebudayaan, sebagian besar manusia seringkali mengartikan bahwa kebudayaan adalah terbatas pada seni rupa, sesi suara, sastra dan filsafat.
         Kebudayaan menurut Koentjaraningrat, adalah keseluruhan system gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
         Kebudayaan berasal dari Bahasa sansekerta yaitu buddhayah
Yang merupakan bentuk jamak dari buddhi  yang berarti budi atau kekal.
         Budaya memiliki unsur-unsur, 7 unsur kebudayaan antara lain:
a)   Bahasa
b)  Sistem pengetahuan
c)   Organisasi social
d)  Sistem peralatan hidup dan teknologi
e)   Sistem mata pencaharian hidup
f)    Sistem religi
g)  Kesenian

Sedangkan untuk wujudnya kebudayaan memiliki 4 wujud, yaitu:
a)  Kebudayaan sebagai artefak atau benda fisik
Wujud kebudayaan ini menggambarkan bangunan megah seperti candi-candi, juga benda bergerak mobil piring, kamputer, gelas dan lain-lain
b)  Kebudayaan sebagai sistem tingkah laku dan tindakan berpola
Menggambarkan wujud tingkah laku manusia seperti menari,bicara,tingkah laku dalam suatu pekerjaan. Seluruh gerak-gerik setiap harinya yang dilakukan berdasarkan system.
c)  Kebudayaan sebagai sistem gagasan
Wujud kebudayaan ini lebih bersifat abstrak, tidak dapat difoto, hanya dapat diketahui serta dipahami oleh orang lain setelah dipelajari secara mendalam.
d)  Kebudayaan sebagai sistem nilai

Menggambarkan gagasan-gagasan yang telah dipelajari oleh warga suatu kebudayaan sejak usia dini, dan sukar untuk berubah.


Orientasi Nilai Budaya dan Perubahan Kebudayaan


               Kebudayaan sebagai karya mnusia yang memiliki sistem nilai.
Menurut C.Kluckhon dalam karyanya Variation in Value Orientation(1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, universal memiliki 5masalah pokok kehidupan manusia yaitu:
a)  Hakikat hidup manusia
Ada manusia yang berusaha untuk memadamkan hidup mereka, adapula yang menggap hidup itu baik.
b)  Hakikat karya manusia
Manusia berbeda-beda, dalam hal ini salah satunya beranggapan bahwa karya bertujuan untuk hidup, contoh karya antara lain tahta dan kekuasaan.
c)  Hakikat waktu manusia
Manusia ada yang berorientasi pada masa lalu, ada juga yang berorientasi pada masa kini, bahkan jug pada masa depan.
d)  Hakikat alam manusia
Ada kebudayaan yang menggap manusia selaras dan setara dengan alam, da nada juga yang memanfaatkan alam dan mengeksploitasi alam.
e)  Hakikat hubungan manusia
Ada manusia yang individualis, ada juga yang mengutamakan sosial dengan individu lain.


         Perubahan kebudayaan, gejala perubahan pola hidup, kebiasaan, dan struktur sosial dalam masyarakat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti komunikasi, iklim, perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, bencana alam dan lainnya.
         Menurut Hirchman, kebosanan manusia adalah factor utama terjadinya perubahan tersebut.
         Perubahan dapat berdampak negatif atau positif,salah satu contoh dampak negative dari perubahan kebudayaan adalah hilangnya keaslian atau kemurnian suatu kebudayaan tersebut, sedangkan untuk dampak positif adalah kebudayaan tersebut bias saja lebih flexibel mengikuti perkembangan jaman.

Kaitan Manusia dan Kebudayaan

         Manusia dan kebudayaan sangatlah berkaitan dan tak bias dipisahkan.
Sejak dulu segala jenis kegiatan sehari-hari pun menjadi budaya suatu manusia dan diturunkan secara turun temurun.
         Manusia jugalah makhluk yang memiliki akal, dengan akal itulah manusia dapat menciptakan suatu kebudayaan. Manusia menciptakan suatu kebudayaan, tetapi manusia juga diciptakan dari kebudayaan tersebut, itulah suatu dialektika antara manusia dan kebudayaan.
         Peran manusia juga sangatlah penting sebagai pelaksana dan pemelihara budaya, tetapi manusia sendiri tidak dapat hidup lepas dari suatu kebudayaan, inilah hubungan yang mendalam antara manusia dan kebudayaan.
         Apabila manusia melupakan bahwa dirinya adalah bagian dari suatu budaya atau masyarakat, maka dirinya secara otomatis akan tealinasi atau terasing (berger, dalam terjemahan M.Sastrapratedja 1991)


0 comments:

Post a Comment